Sunday, March 13, 2016

Teori CASH FLOW QUADRANT

Pagi Strong People...

Pagi ini kita akan share salah satu ilmu teori hebat dari Robert T Kiyosaki yaitu CASH FLOW QUADRANT...

Teori ini membahas dan merumuskan 4 cara manusia berkarir dalam hal mendapatkan keuntungan atau uang dari pekerjaannya di dunia.

Sekilas ILMUHIDUP.COM akan membedah kedalaman 4 teori dahsyat ini, 
Urutan cara manusia dalam berkarir untuk mendapatkan keuntungan di dunia:

1. Investor (l)
Kaum Investor ini adalah orang-orang yang sudah sangat mapan keuangannya, aset-aset perusahaannya sudah dimana-dimana, sehingga ia tidak perlu lagi harus bekerja setiap hari ke kantor dari pagi hingga sore, dengan ia diam saja di rumah, rekeningnya sudah terus menerus menghasilkan uang yang ia dapat dari aset-asetnya yang berjalan. Hobi mereka adalah mencari usaha-usaha baru yang ia rasa punya potensi besar untuk kedepan, ketika ia menemukan itu, ia akan berani untuk menanamkan modalnya agar usaha tersebut makin berkembang pesat hingga sistemnya kuat untuk menuai keuntungan.

2. Business Owner (BO)
Kaum BO ini setingkat di bawahnya Kaum Investor, kenapa? Karena biasanya BO sering dapat dana development usahanya dari kaum Investor. Kaum BO inilah para pengusaha-pengusaha yang memiliki perusahaan baik yang baru mereka mulai, maupun yang sedang baru menanjak.

3. Self Employee (SE)
Satu level dibawah BO ada kaum Self Employee, SE ini yaitu manusia-manusia yang punya keahlian khusus di bidang tertentu, contoh karirnya: DOKTER, ARTIS, ARSITEK, PENYELENGGARA ACARA (EO), PUNYA TOKO, CREATIVE DIRECTOR, dll.
Biasanya kedepan, orang-orang SE ini akan berangkat ke arah untuk menjadi BO (Pengusaha) dengan cara menyiapkan ide keahliannya untuk dikembangkan menjadi sebuah Perusahaan, SE juga biasanya akan cari link untuk bisa sampai bertemu dengan kaum Investor untuk mendapatkan suntikan dana dari ide bisnisnya yang menarik.

4. EMPLOYEE (E)
Dan level di bawah SE adalah kaum Employee (Pekerja/pegawai). Siapa saja contoh manusia yang berkarir sebagai E? Yaitu: Pegawai Kantoran atau Rumahan, baik Swasta maupun Sipil, seperti: Pegawai Kepemerintahan, Pegawai Perusahaan Swasta, Pegawai Bangunan, Pegawai Asisten Rumah Tangga, dll.

4 Rumus di atas adalah melambangkan semua karir manusia dalam mendapatkan keuntungan/uang untuk rencana masa depannya.

RUMUS CARA KERJA I, BO, SE dan E

Investor dan Businees Owner:
1. BEKERJA.
2. MEMBANGUN ASET.
3. UNTUK MENDAPATKAN UANG.
4. UNTUK RENCANA MASA DEPAN.

Self Employee dan Employee:
1. BEKERJA.
2. UNTUK MENDAPATKAN UANG.
3. UNTUK RENCANA MASA DEPAN.

BENTUK HASIL KEUNTUNGAN HINGGA DI PENGHUJUNG USIA:

1. INVESTOR dan BO pada saat menginjak usia 40 tahunan ke atas mereka makin meraup keuntungan akibat dari SISTEM ASET yang mereka bangun sudah bisa berjalan dan menghasilkan.

2. SELF EMPLOYEE dan EMPLOYEE pada saat menginjak usia 50 tahunan keatas mereka makin tidak kuat untuk bekerja mendapatkan keuntungan, mengingat fisiknya mulai melemah untuk bekerja mendapatkan uang, hingga biasanya keuntungan mereka kian makin menipis jika ia tidak mencoba buka usaha.

Jadi kesimpulan topik kita di atas, pesan ILMU HIDUP kali ini, tidak ada salahnya jika profesi kita saat ini adalah sebagai SE dan E untuk mencoba naik ke level BO dan I, dengan cara terus menimba ilmu bagaimana caranya untuk jadi BO hingga semoga bisa sampai duduk menjadi Investor suatu saat nanti, selamat berkarir Strong People!

Teori oleh: Robert T Kiyosaki
via: ilmuhidup.com 

No comments:

Post a Comment